Kamis, 26 April 2012

LINUX, FOSS dan FILOSOFI MATA AIR

 
Artikel menarik yang pernah saya baca di Info Linux beberapa tahun yg lalu. Jika tidak salah dari pak Rusmanto Maryanto mengenai filosofi mata air pegunungan, perusahaan air minum/air kemasan, dan masyarakat.
Siapapun berhak memanfaatkan sumber mata air tersebut, untuk diri sendiri maupun dijual, asalkan mau bersama – sama menjaga alam/lingkungan agar sumber mata air tetap ada dan layak dikonsumsi.
Demikian juga dengan linux dan open source. Donasi berupa uang maupun bantuan lainnya (dokumentasi, pelaporan/fixed bug, memasyarakatkan/menyebarluaskan, saran/usul, mirroring/server, dll) turut membantu proyek open source ini tetap berjalan dan bisa dinikmati terus dengan kualitas baik. Saling menguntungkan antara pihak developer dan end user (pribadi/organisasi/perusahaan).
Jadi bukan hanya sekedar menggunakan secara cuma – cuma kemudian menjelekkan karena ada fitur yang tidak memuaskan. Anak kecil sekalipun bisa melakukan itu. Yang membedakan dengan manusia dewasa dan terpelajar adalah pemberian solusi/saran jika terdapat masalah/fitur/hal yang kurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar