Minggu, 01 Juli 2012

ATASI BATUK DENGAN JERUK NIPIS

SAAT Anda menderita batuk, bukan tidak mungkin sebagian kegiatan Anda akan terganggu. Jika beberapa penggunaan obat batuk kerap kali menyebabkan rasa kantuk, pengobatan alternatif bisa menjadi solusi, salah satunya adalah jeruk nipis.

Jeruk nipis (citrusaurantifolia) termasuk salah satu jenis citrus. Jeruk nipis termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Meski sedikit asam, buah dari tanaman yang memiliki batang pohon berbatang liat dan keras ini dikenal efektif dalam memangkas batuk yang membandel.

Seperti dalam situs iptek.net, jeruk nipis mengandung banyak unsur kimia yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain : limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren dan sitral.
Lainnya, dalam 100 gram jeruk nipis terdapat kandungan vitamin C 27 mg, kalsium 40 mg, fosfor 22 mg, hidrat arang 12,4 gr, vitamin B 1 0,04 mg, zat besi 0,6 mg, lemak 0,1 gr, kalori 37 gr, protein 0,8 gr, dan air sebanyak 86 gr. Nah, untuk resep alami menangkal batuk membandel, jeruk nipis dapat dikonsumsi dengan cara:

1. Peraslah dua buah jeruk nipis dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan tersebut dua kali sehari.
2. Kupas jeruk nipis dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Untuk mengurangi rasa asam yang berlebih, Anda bisa mencampurnya dengan kecap manis secukupnya.(MI/***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar